18 April 2024

PUBLIKASI HASIL ANALISIS DATA PENGUKURAN STUNTING KELURAHAN GALANG BARU KOTA BATAM

1 min read

Kelurahan Galang Baru ditetapkan sebagai salah satu lokus stunting pada tahun 2021 berdasarkan Surat Keputusan Walikota Batam  KPTS 163/HK/III/2021 sebagai tindak lanjut dari hasil Rembug Sunting  pada tanggal 12 April 2021.

Berdasarkan hasil pemantauan status gizi Kota Batam  selama Tahun 2021 prevalensi stunting di Kelurahan Galang Baru terdapat penurunan kasus stunting di mana pada tahun 2020 terdapat 179 Balita yang di ukur terdapat 5 anak stunting dengan  prevalensi 2.79 %, sedangkan di tahun 2021 terdapat 223 anak yang di ukur terdapat 1  anak kasus stunting dengan prevalensi 0.45 %.

Hal ini menunjukkan bahwa konvergensi program/ intervensi dan kerjasama seluruh elemen masyarakat  dalam upaya percepatan pencegahan stunting telah mampu menurunkan persentase angka stunting di Kelurahan Galang Baru.

A. Faktor Determinan yang Berpemgaruh

Determinan yang perlu mendapatkan perhatian antara lain  cakupan kelas ibu hamil (ibu mengikuti konseling gizi dan kesehatan), cakupan rumah tangga yang menggunakan sanitasi layak  , serta cakupan keluarga 1000 HPK kelompok miskin sebagai penerima BPNT.

B. Perilaku Kunci Rumah Tangga 1000 HPK Yang masih Bermasalah

1000 HPK merupakan masa kritis bagi seorang anak dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Kekurangan gizi pada masa ini akan berakibat anak mengalami masalah kesehatan yang serius, diantaranya adalah stunting. Konsumsi makanan, pola asuh dan perilaku hidup sehat juga turut mempengaruhi kesehatan dan status gizi anak.

C. Kelompok Sasaran Beresiko : Remaja Putri, Calon Pengantin, Wanita Usia Subur, Ibu Hamil, Bayi Baru Lahir tidak mendapat IMD dan ASI, serta Bayi dan Balita.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.