PERAWATAN KESEHATAN LANSIA

Siklus kehidupan Manusia dimulai dari bayi atau usia muda hingga usia tua. Lansia atau lanjut usia merupakan golongan yang rentan mengidap berbagai penyakit metabolik, terutama Penyakit Tidak Menular (PTM) akan tetapi dengan menjaga pola hidup sehat maka kualitas hidup tetap terjaga.

Sesuai dengan Pasal 1 UU No.13/1998 Kesejahteraan Usia Lanjut, digariskan bahwa Lanjut Usia Potensial adalah lanjut usia yang masih mampu melakukan pekerjaan atau kegiatan yang dapat menghasilkan barang atau jasa.

Untuk mendapatkan lansia yang sehat, program kesehatan melalaui pendekatan life cycle diperlukan. Dengan melihat kesehatan bukan hanya dijaga dan dirawat ketika sudah tua tetapi dimulai di hulu atau awal sehingga diharapkan dihilirnya akan menjadi lebih baik, karena Lansia yang tidak sehat dan tidak mandiri akan berdampak besar terhadap kondisi sosial dan ekonomi bangsa.

Kebijakan yang dilakukan antara lain dengan; pembinaan Kesehatan Lansia dilakukan dengan upaya peningkatan kesehatan dan kemampuan agar selama mungkin tetap dapat berperan aktif dalam pembangunan; pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan peran keluarga dan masyarakat serta menjalin kemitraan dengan LSM, swasta dalam penyelenggaraan upaya kesehatan lansia; pembinaan yang dilakukan melalui pendekatan holistik; pendekatan siklus hidup dalam pelayanan kesehatan untuk mencapai lanjut usia aktif dan sehat dalam konteks kesehatan keluarga; serta melalui pelayanan kesehatan dasar dan rujukan dan berkualitas.

FB : https://www.facebook.com/promkesbatam

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Up