JAGA KESEHATAN MATA DI MASA DARING

Mata adalah salah satu organ indera yang penting bagi manusia. Melalui rangkaian proses yang terjadi di dalam mata, kita mendapatkan banyak informasi tentang objek yang ada di sekitar. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mata, terlebih di era daring seperti saat ini, dimana kegiatan kita lebih banyak dilakukan di depan layar laptop/smartphone.

Untuk menyikapi adanya pandemi COVID-19, pemerintah mengeluarkan berbagai aturan, salah satunya adalah dilakukannya pembelajaran dan rapat secara daring/online. Di dalam pelaksanaannya, pembelajaran dan rapat secara daring ini memerlukan perangkat seperti smartphone, laptop, komputer, tablet, dan lain-lain untuk mengakses informasi kapanpun dan dimanapun

Dengan adanya sistem pembelajaran daring, mau tidak mau kita harus menatap layar laptop/smartphone dengan durasi yang lebih lama dari biasanya. Jika mata kita menatap layar laptop/smartphone secara terus menerus maka dapat terjadi masalah pada penglihatan yang disebut dengan Computer Vision Syndrome. Masalah ini ditandai dengan dua hal, yaitu dry eye/mata kering dan eyestrain/mata tegang/lelah.

Mata kering dapat terjadi ketika kita terlalu lama menatap layar sehingga lupa/kurang berkedip. Berkedip diperlukan untuk mengembalikan lapisan cairan tipis pada mata yang berfungsi untuk melindungi permukaan mata. Kalau kita kurang berkedip, maka mata kita akan terasa kering, kurang nyaman, dan penglihatan dapat menjadi kabur. Sementara itu, eyestrain/mata lelah adalah masalah yang terjadi karena kecerahan dari layar elektronik yang terlalu terang.

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan mata di tengah pembelajaran daring? Dokter spesialis mata Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM, dr. Tri Winarti, Sp.M., membagikan sejumlah tips yang dapat dilakukan agar kesehatan mata tetap bisa terjaga selama melakukan pembelajaran secara virtual. Salah satunya dengan menerapkan metode 20-20-20.

Metode ini, dijelaskan Tri Winarti berupa setiap 20 menit mengalihkan pandangan dari layar komputer dengan memandang benda berjarak 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Dengan cara ini diharapkan dapat mengurangi ketegangan pada mata karena menatap layar. “Jadi, setiap 20 menit melihat layar, pandangan mata dialihkan melihat objek sejauh 20 kaki selama 20 detik untuk relaksasi mata. Buat remainder seperti catatan yang ditempel di komputer atau alarm agar tidak lupa mengimplementasikannya,” terangnya dalam webinar Menjaga Kesehatan Mata Selama Kelas Online.

FB : https://www.facebook.com/promkesbatam

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Up