28 April 2024

Dinkes Kota Batam dapat Penghargaan Pelayanan IVA terbaik

2 min read

Kanker tertinggi di Indonesia  pada perempuan  adalah kanker payudara dan kanker leher rahim.

Kanker leher rahim atau kanker serviks adalah  keganasan yang terjadi pada jaringan leher rahim yang merupakan bagian terendah dari rahim dan menonjol ke puncak liang senggama yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus.

Setiap dua menit di dunia seorang perempuan meninggal karena kanker leher rahim. Pada stadium awal, penyakit ini sering tidak menimbulkan gejala atau tanda yang khas. Namun pada stadium lanjut  akan  timbul  gejala  berupa  :  Haid tidak teratur, nyeri panggul, nyeri saat berhubungan seksual, keputihan atau keluar cairan encer putih kekuningan terkadang bercampur darah seperti nanah, pendartahan spontan tidak masa haid / diantara menstruasi, pendarahan pada masa menopause.

Keuntungan  Pemeriksaan   IVA  :

  • Si ibu jika dalam kondisi haid yang tidak banyak boleh diperiksa, selesai berhubungan juga boleh diperiksa.
  • Pemeriksaan   sederhana dan mudah ,  leher rahim dibersihkan kemudian dipulas dengan asam asetat selama 1 menit.  mudah, murah, cepat. 
  • Biaya pemeriksaan IVA ini sangat murah  bahkan untuk peserta BPJS gratis.
  • Pelaksanaan pemeriksaannya juga sangat cepat, hanya memakan waktu ± 10-15 menit.
  • Hasil dapat diketahui secara langsung.
  • Dapat dilaksanakan di Puskesmas oleh Dokter Umum dan Bidan yang sudah terlatih

Sedangkan penyakit kanker payudara adalah merupakan  keganasan sel-sel pada jaringan payudara. Pada umumnya kanker ini ditandai dengan munculnya benjolan atau penebalan pada jaringan kulit payudara.

Deteksi dini kanker payudara dapat dilakukan melalui Pemeriksaa Payudara Klinis ( SADANIS ) oleh tenaga klinis sambil mengajarkan cara Pemeriksaan Payudara Sendiri ( SADARI ).

Di Kota Batam ada 20 Puskesmas yang tersebar di 12 Kecamatan. Semuanya sudah memberikan layanan pemeriksaan IVA dan SADANIS dan disemua puskesmas   memiliki tenaga ( Dokter dan Bidan ) yang sudah  dilatih IVA dan SADANIS.

Kegiatan ini sudah dilakukan sejak tahun 2013 sampai dengan tahun 2019. Kegiatan ini  terlaksana dengan baik dan bekerjasama ( mendapat dukungan )  dari PKK Kota Batam.  Selain itu juga   persatuan dokter spesialis  obstetrik gynekologi sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

Untuk tindak lanjut  IVA positif dengan tindakan krioterapi, di Kota Batam  bisa dilaksanakan di beberapa layanan puskesmas ( puskesmas Sei Langkai, Batu Aji, Sungai Panas  dan Klinik BMC ).

Dalam Rangka Peringatan Hari Kesatuan gerak PKK ke-47, Ketua Tim Penggerak PKK Kota batam memberikan penghargaan kepada :

  1. Dinas Kesehatan  : Sebagai OPD Mitra PKK yang berperan aktif mendukung 10 Pokok program PKK.
  2. Puskesmas  Sekupang : Sebagai penyelenggara peserta terbanyak I pelayanan IVA dan SADANIS tahun 2018
  3. Puskesmas Sungai Panas : Sebagai penyelenggara peserta terbanyak II pelayanan IVA dan SADANIS tahun 2018
  4. Puskesmas Sungai Pancur : Sebagai penyelenggara peserta terbanyak III pelayanan IVA dan SADANIS tahun 2018
  5. Puskesmas Baloi  Permai : : Sebagai penyelenggara peserta terbanyak IV  pelayanan IVA dan SADANIS tahun 2018
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.