17 April 2024

Publikasi Hasil Analisis Data Stunting  Dilakukan Melalui Pertemuan Koordinasi Lintas Sektor Pelaksanaan Surveilans Gizi Kota Batam  Tahun 2022

2 min read

Kegiatan Pertemuan Koordinasi Lintas Sektor Terkait Pelaksanaan Surveilan Gizi oleh Dinas Kesehatan kota Batam merupakan kegiatan yang bertujuan mendeseminasikan dan mengkoordinasikan kegiatan surveilans gizi termasuk stunting kepada lintas sector dan lintas program

Kegiatan ini dibuka oleh Bapak  Wakil Walikota Batam Selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Kota Batam dan di hadiri  oleh Bapelitbangda Kota Batam, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB, Dinas Sosial, Dinas Ciptakarya, Dinas Ketahanan Pangan,  Dinas Pendidikan, camat Sekota Batam,  Lurah SeKota Batam, TP PKK Kecamatan dan Kelurahan Sekota Batam, Kepala Puskesmas dan Ahli Gizi Sekota Batam Serta Kepala Bidang dilingkungan Dinas Kesehatan Kota Batam.

Dalam kegiatan tersebut di deseminasikan dan dipublikasikan hasil surveilans  gizi tahun 2022 termasuk juga data stunting Kota Batam untuk tahun 2022.

Bapak Wakil Walikota Batam dalam sambutannya menegaskan bahwa Kerjasama dan kerja keras secara konvergen semua pihaklah yang membuat Kota Batam berhasil menurunkan prevalensi stunting dari 6.02 di tahun 2021 menjadi 2.4 di tahun 2022.

Lebih lanjut di sebutkan bahwasanya implementasi penanganan stunting dilakukan berdasarkan pemanfaatan data E-PPGBM by name by address dari hasil pengukuran di posyandu.

Dari hasil pengukuran data stunting didapatkan data trend prevalensi stunting di Kota Batam dalam kurun waktu 2 (dua) tahun terakhir cenderung mengalami penurunan sebesar 3.6 %.

Trend Prevalensi Kota Batam di Propvinsi Kepulauan Riau Tahun 2020-2022

Prevalensi Stunting Kota Batam terus mengalami penurunan, dari 7.21  di tahun 2020 turun menjadi 6.02 di tahun 2021 dan tahun 2022 menurun Kembali menjadi 2.4. data tersebut bersumber dari  pengukuran dan penimbangan di posyandu dimana datanya diinpit by name bay addres di aplikasi  data E-PPGBM.

Trend Prevalensi Stunting Kota Batam berdasarkan kecamatan sekota Batam tahun 2022

Penurunan Prevalensi Stunting terjadi di seluruh kecamatan diKota Batam dimana penuruna terbanyak ada di kecamatan Sungai Beduk , dari 9.87 % ditahun 2021 menjadi 1.48% di tahun 2022 ini berarti terjadi penurunan sebesar 85.01 % .

Kelurahan tertinggi prevalensi stuntingnya adalah Kelurahan Bengkong Indah namun secara jumlah balita stunting terbanyak di Kelurahan Belian Kecamatan Batam Kota.

You may have missed

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.