INOVASI “CENTINI” PUSKESMAS BATU AJI KOTA BATAM #IGA #INNOVATION GOVERNMENT AWARD 2020

Kejadian stunting pada balita merupakan masalah kesehatan utama kesehatan yang perlu dicegah dan diatasi, dan merupakan program prioritas nasional. Kejadian stunting dipengaruhi oleh Seribu Hari Pertama Kehidupan yang dikenal dengan 1000 HPK mulai dari hamil, menyusui dan balita termasuk kurangnya pengetahuan ibu tentang Pemberian Makan Pada Bayi Dan Anak (PMBA). Selain itu juga di pengaruhi oleh asupan gizi seimbang dan pola makan yang tidak sesuai pada remaja putri. Untuk mencegah terjadinya stunting pada balita maka kami membuat inovasi yang dikemas dalam bentuk “CENTINI” (Cegah Stunting Sejak Dini). Kegiatan dilakukan dalam bentuk:

1. kunjungan rumah ibu hamil, nifas, balita serta remaja putri pada masa pandemi

2. Penyuluhan pada remaja putri di sekolah dan karang taruna sekaligus memberikan tablet tambah darah

3. Kegiatan Kesehatan Reproduksi calon pengantin kerjasama dengan Kantor Urusan Agama (KUA)

4. Membuat kelas atau kelompok 1000 HPK

5. Pelatihan dan sosialisasi pada kader kesehatan tentang Stunting dan Pemberian MAkanan Pada Bayi dan Anak (PMBA)

6. Apabila ditemui masalah kesehatan pada kelompok sasaran maka akan dilakukan intervensi lanjutan ke fasilitas pelayanan kesehatan dan ke UKBM yang ada di wilayah terdekat. Setelah dilakukan edukasi dan intervensi pada kelompok sasaran diharapkan adanya perubahan perilaku dan bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari guna mendapatkan generasi yang sehat dan cerdas di kemudian hari.

7. Pengembangan kegiatan ini juga tetap dilakukan pada masa pandemi covid 19 dengan kegiatan kunjungan rumah terintegeasi dengan kegiatan “DATUK SIMUDA” (Datangi Satu Keluarga edukasi dan Intervensi Semua Masalah Kesehatan yang ada).