PESAN KUNCI UNTUK CEGAH PENULARAN TB

Hari peringatan Tuberkulosis (TB) sedunia atau World TB Day 2021 jatuh pada hari ini (24/3/2021). Tanggal 24 Maret ditetapkan sebagai Hari TB Sedunia karena bertepatan dengan ditemukannya bakteri penyebab TB oleh Dr. Robert Koch pada 1882. Penemuannya ini membuka jalan untuk diagnosis dan penyembuhan TB di seluruh dunia. Melansir dari laman resmi WHO, tahun ini Hari TB Sedunia mengangkat tema “The Clock is Ticking” yang artinya jamnya berdetak. Tema ini menyampaikan bahwa dunia kehabisan waktu untuk bertindak dengan adanya komitmen bahwa TB dibuat oleh para pemimpin global. Hal ini sejalan dengan konteks pendemi COVID-19 yang kini sedang mewabah di seluruh dunia.

 

WHO menyebutkan bahwa TB merupakan salah satu penyakit menular paling mematikan di dunia. Setidaknya terdapat 28.000 kasus TB di dunia dan 4.000 orang meninggal dunia akibat TB. Meski mematikan, TB dapat dicegah dan diobati. Sejak tahun 2000, WHO mengklaim bahwa upaya memerangi TB secara global telah menyelamatkan sekitar 63 juta jiwa.

 

Untuk penanganan TB di Indonesia menggunakan slogan TOSS TBC merupakan singkatan dari Temukan Tuberkulosis, Obati Sampai Sembuh. Salah satu pendekatan untuk menemukan, mendiagnosis, mengobati dan menyembuhkan pasien TBC, untuk menghentikan penularan TBC di masyarakat.

 

Di tengah pandemi COVID-19, tuberculosis (TB atau TBC) disebut masih menjadi masalah. Pasalnya, gejala kedua penyakit ini sulit dibedakan. Kasus TBC terlapor sepanjang 2020 justru tercatat menurun, jauh dari yang ditargetkan.

 

Mantan Direktur WHO Asia Tenggara, Prof Tjandra Yoga Aditama, yang turut hadir dalam konferensi tersebut mengatakan, kondisi pandemi sebenarnya bisa menjadi peluang untuk memperluas pemeriksaan TBC.

 

Jika pasien mengalami gejala batuk dan demam kemudian melakukan pemeriksaan COVID-19 beroleh hasil negatif, jangan langsung lepas penanganan. Lakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mendeteksi TBC.

 

(Sumber : Kemenkes RI)

 

#BatamBebasTB #BatamLawanCorona #TOSSTB

FB :  https://www.facebook.com/promkesbatam

Scroll Up