BULAN ELIMINASI KAKI GAJAH (BELKAGA) TAHUN 2017

BULAN ELIMINASI KAKI GAJAH (BELKAGA) TAHUN 2017

 

Program pemberian obat massal pencegahan penyakit kaki gajah (Filariasis) pada bulan eliminasi kaki gajah (Belkaga) digelar oleh Dinas Kesehatan Kota Batam

“Hari ini kita mulai mensosialisasikan program pemberian obat massal pencegahan penyakit kaki gajah pada bulan elimasi kaki gajah (Belkaga),” ungkap dr. Didi Kusmarjadi, Sp.OG pada saat membuka kegiatan POMP Filariasis/ bulan eliminasi kaki gajah (Belkaga) yang digelar pada Rabu (03/10) di Lapangan Serba Guna Kelurahan Tanjung Uma Batam.

“Marilah kita minum obat bersama, untuk Indonesia bebas penyakit kakai gajah pada umumnya dan Kota Batam pada khususnya Tahun 2020,”.

Pemberian obat pencegah massal (POPM) penyakit kaki gajah (Filariasis) ini merupakan upaya memutuskan mata rantai penularannya,” katanya. Dijelaskannya,

Sasaran dalam POMP ini adalah semua penduduk di daerah endemis Filariasis yang berumur 2-70 tahun, namun kegiatan ini ditunda sementara bagi penduduk yang berumur dibawah 2 tahun, ibu hamil, penderita gangguan fungsi hati, penderita gangguan fungsi hati, penderita epilepsi, sedang sakit berat, penderita kronis Filariasis dalam serangan akut, serta anak dengan marasmus.

“Kaki gajah ini merupakan penyakit menular menahun, disebabkan oleh cacing filaria dan ditularkan melalui nyamuk,” tukasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Dinas Kesehatan Propinsi Kepulauan Riau, Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Batam, Polrestabes Barelang, Camat se-Kota Batam, Para Lurah, Pimpinan UPT Puskesmas, Para Kepala Desa serta tamu undangan lainnya.