Pemko Batam Dukung Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat Berbasis Online
2 min readDiskominfo Batam – Pemerintah Kota Batam berkomitmen mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi sebagai media memberikan pelayanan kepada Masyarakat. Salah satunya adalah melakukan survei kepuasan masyarakat dengan aplikasi online. Bagaimana Pemerintah Kota Batam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, sehingga masyarakat merasa terayomi.
Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin saat membuka acara Bimbingan Teknis Aplikasi Online Survei Kepuasan Masyarakat di lingkungan Pemerintah Kota Batam Tahun 2024, Jumat (11/10/2024) di Aula Kantor Walikota Batam.
Acara ini dihadiri Asisten Deputi Bidang Pelayanan Publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Republik Indonesia, Noviana Andrina S.H., M.Ap. Dengan narasumber Fanoel Thamrin, dari Deputi Bidang Pelayanan Publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.
“Dengan adanya penerapan aplikasi online survei kepuasan masyarakat merupakan suatu terobosan dalam mendukung terwujudnya sistem pemerintahan berbasis elektronik,” ujarnya.
Ia menyampaikan laporan hasil survei kepuasan masyarakat yang sudah disusun, dijadikan acuan untuk mengetahui tingkat kinerja pelayanan masing-masing unit pelayanan instansi pemerintah. Serta dapat memberikan ruang kepada masyarakat untuk menilai kinerja unit pelayanan publik.
Tujuan dilakukannya survei kepuasan masyarakat ini, untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan. Juga sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik secara berkesinambungan.
“Ini akan menjadi umpan balik secara berkala atas pencapaian kinerja dan kualitas pelayanan penyelenggaraan pelayanan publik di Pemerintah Kota Batam kepada masyarakat,” jelasnya.
Ditegaskannya juga, bahwa hasil survei kepuasan masyarakat merupakan salah satu indikator penilaian reformasi birokrasi yang setiap tahunnya dilaksanakan oleh Kementerian PAN RB RI. Kegiatan ini dilakukan sebagai wadah sosialisasi dan juga sarana untuk memantapkan komitmen peningkatan pelayanan publik di Kota Batam.