18 Oktober 2024

Sosialisasi Integrasi Layanan Primer (ILP)

2 min read

Integrasi Layanan Primer (ILP) adalah perwujudan dari “Transformasi Layanan Primer” yang merupakan salah satu dari 6 transformasi di bidang kesehatan yang digaungkan oleh Kemenkes dan mencakup upaya promotif dan preventif yang lebih komprehensif. Pada konsep ILP, terjadi perubahan pelayanan di Puskesmas, Pustu dan Posyandu menjadi berbasis siklus hidup. Pelayanan di Puskesmas akan terbagi menjadi 5 klaster yaitu (1) klaster manajemen, (2) klaster ibu dan anak, (3) klaster pelayanan kesehatan usia dewasa dan lansia, (4) klaster penanggulangan penyakit menular serta (5) lintas klaster.

Upaya preventif di puskesmas dilakukan melalui skrining kesehatan sesuai dengan siklus hidup dan standar yang telah ditetapkan. Skrining yang dilakukan meliputi skrining kesehatan indera, skrining diabetes melitus, skrining kanker, skrining faktor risiko penyakit stroke dan gangguan jantung hingga skrining kesehatan jiwa. Melalui integrasi pelayanan kesehatan primer, peran Puskesmas sebagai penanggung jawab wilayah dalam kesehatan di wilayah kerjanya akan semakin diperkuat dengan aktifnya PWS (Pemantauan Wilayah Setempat) tingkat desa/kelurahan oleh petugas kesehatan bersama kader..

Dalam rangka mensosialisasikan pelaksanaan ILP di Kota Batam, sekaligus meningkatkan sinergi dan peran dari internal Dinas Kesehatan dan lintas sektor, Dinas Kesehatan Kota Batam mengadakan Kegiatan “Sosialisasi Integrasi Layanan Primer (ILP)” pada hari Jum’at, 04 Oktober 2024 bertempat di Hotel Harris Batam Centre, Kota Batam. Acara Sosialisasi ILP ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Batam, Bapak H Jefridin Hamid, M.Pd dan dihadiri oleh Perwakilan Dinas Kesehatan Kota Batam serta lintas sektor yang terdiri dari OPD terkait seperti BKPSDM, Bagian Kerjasama Pemko Batam, Bagian Organisasi Pemko Batam, Perwakilan Organisasi Keagamaan di Kota Batam, Yayasan dan LSM terkait Kesehatan serta perwakilan dari berbagai organisasi profesi Kesehatan di Kota Batam seperti Asosiasi Klinik, POGI, Perki, dll.

Narasumber kegiatan Sosialisasi ILP ini berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau dan Dinas Kesehatan Kota Batam. Di akhir acara, dilaksanakan diskusi antar pemegang program di Dinas Kesehatan demi mensukseskan perlaksanaan ILP di Kota Batam. Tak lupa Dinas Kesehatan Kota Batam meminta dukungan dan kerjasama dari lintas sektor yang diundang karena pelaksanaan ILP akan berjalan sukses dengan adanya dukungan dari seluruh stake holder yang ada.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
DD