20 September 2024

Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) Klinik

1 min read

Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) Klinik adalah serangkaian kegiatan yang sistematis dan terencana dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan klinis dan keselamatan pasien di klinik. PMKP Klinik bertujuan untuk :

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan klinis
  2. Menurunkan risiko terjadinya kesalahan medis
  3. Meningkatkan kepuasan pasien
  4. Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap klinik

Penerapan PMKP Klinik sangat penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan klinis dan keselamatan pasien. Klinik harus memiliki komitmen yang kuat untuk menerapkan PMKP Klinik secara berkelanjutan.

Akreditasi klinik adalah pengakuan formal terhadap suatu klinik yang menyatakan bahwa klinik tersebut telah memenuhi standar pelayanan yang ditetapkan oleh pemerintah. Penerapan PMKP Klinik merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan akreditasi klinik.

Dinas Kesehatan Kota Batam mengadakan Pertemuan Workshop Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien pada hari Rabu / 18 September 2024, dengan menghadirkan Narasumber dari Direktorat Mutu Kementerian Kesehatan RI dan Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, selain itu juga ditambahkan dengan narasumber yang hadir dari Balai POM terkait standar kefarmasian di Klinik Pratama agar sediaan obat dan bahan medis habis pakai sesuai dengan standar nya. Turut hadir Narasumber dari Direktorat Jenderal Pajak Provinsi Kepri yang juga menyampaikan informasi tentang kewajiban perpajakan untuk Klinik dan Tenaga Kesehatan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
DD