5 Oktober 2024

Rapat Bulanan Bidang Pelayanan Kesehatan (Oktober 2024)

2 min read

Pada hari ini Kamis 3 Oktober 2024, telah dilaksanakan rapat bulanan yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dr. Andi Sarbiah, M.KKK. Rapat ini dihadiri oleh perwakilan dari Seksi Fasyankes, Seksi Yankes Primer dan tradisional, dan anggota tim terkait. Agenda utama rapat ini membahas capaian kinerja dan kendala yang dihadapi selama satu bulan terakhir.

  1. Capaian Kinerja Seksi Fasyankes
    • Pengembangan Fasilitas Kesehatan : Telah dilaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap peningkatan mutu fasilitas pelayanan kesehatan di beberapa Puskesmas. Sebanyak 80% Puskesmas telah memenuhi standar pelayanan minimal, dan ada peningkatan kelengkapan sarana prasarana kesehatan di beberapa fasilitas.
    • Akreditasi Puskesmas : Hingga bulan ini, 21 Puskesmas berhasil mempertahankan status akreditasinya, dengan dilakukan pemantauan PPS (Perbaikan Paska Survey akreditasi)
    • Melengkapi Alat Kesehatan : Telah ditingkatkan pemenuhan kebutuhan alkes di Puskesmas terkait penanganan kasus-kasus yang memerlukan ketersediaan Alat Kesehatan tertentu sehingga mempercepat proses penanganan dari Puskesmas.

    2. Capaian Kinerja Seksi Yankes Primer

      • Cakupan Yankes Primer : Capaian program pelayanan kesehatan primer berhasil mencapai target melalui 5 Puskesmas sudah 100% capaian KBK nya, dalam hal kunjungan kesehatan ibu hamil, balita, dan lansia maupun Layanan kunjungan ke rumah (Perkesmas) untuk pasien lansia dan yang memerlukan perawatan berkelanjutan juga telah berjalan dengan baik.
      • Dukungan terhadap program pencegahan & pengendalian penyakit : skrining dan edukasi terkait PTM, seperti hipertensi dan diabetes, telah meningkat dengan dilaksanakan nya ECHO TELEMENTORING bagi Dokter di Puskesmas setiap minggunya. Meningkatkan kerjasama MoU dengan Lintas Sektor (Klinik Pratama) untuk program prioritas
      • Kredensialing Sarana : Ditemukan pada saat kredensialing beberapa alat kesehatan di Puskesmas dan Klinik Pratama masih belum tersedia, memerlukan perbaikan atau kalibrasi, yang dapat mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan primer.
      • Pengadaan Obat dan BMHP : terdapat beberapa item obat dan BMHP yang masih perlu dilengkapi Puskesmas dan Klinik Pratama terutama obat-obatan esensial yang penting pada layanan pasien.

      Rapat ditutup dengan perumusan langkah-langkah strategis untuk mengatasi kendala, termasuk percepatan realisasi fisik dan keuangan serta meningkatkan mutu Fasyankes di Kota Batam.

      Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
      DD