17 September 2024

Penilaian Kinerja Puskesmas (PKP)

1 min read

Penilaian Kinerja Puskesmas (PKP) adalah suatu proses yang obyektif dan sistematis dalam mengumpulkan, menganalisis dan menggunakan informasi untuk menentukan seberapa efektif dan efisien pelayanan Puskesmas disediakan, serta sasaran yang dicapai sebagai penilaian hasil kerja/prestasi Puskesmas.

Penilaian Kinerja Puskesmas dilaksanakan oleh Puskesmas dan kemudian hasil penilaiannya akan diverifikasi oleh dinas kesehatan kabupaten/kota. Tujuan dilaksanakannya penilaian kinerja adalah agar Puskesmas mendapatkan gambaran tingkat kinerja Puskesmas (hasil cakupan kegiatan, mutu kegiatan, dan manajemen Puskesmas) pada setiap semester dan akhir tahun kegiatan, mendapatkan masukan untuk penyusunan rencana kegiatan di tahun yang akan datang, dapat melakukan identifikasi dan analisis masalah, mencari penyebab dan latar belakang serta hambatan masalah kesehatan di wilayah kerja Puskesmas berdasarkan adanya kesenjangan pencapaian kinerja, mengetahui dan sekaligus dapat melengkapi dokumen untuk persyaratan akreditasi Puskesmas dan dapat menetapkan tingkat urgensi suatu kegiatan untuk dilaksanakan segera pada tahun yang akan datang berdasarkan prioritasnya.

Bidang Pelayanan Dinas Kesehatan Kota Batam melaksanakan Pertemuan Monitoring dan Evaluasi Penilaian Kinerja Puskesmas untuk Tahun 2024 pada tanggal 22 Agustus 2024, bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kota Batam. Kegiatan ini turut mengundang Narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Kep. Riau dan BPJS Kesehatan Kota Batam untuk meningkatkan pelayanan prima di Puskesmas serta tercapainya Kinerja yang baik di Puskesmas.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
DD