JAGA KEBERSIHAN MESJID UNTUK MENCEGAH PENULARAN COVID-19

JAGA KEBERSIHAN MESJID UNTUK MENCEGAH PENULARAN COVID-19

Mencegah penularan Virus Corona (COVID-19), Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Doni Monardo mengimbau kepada umat muslim supaya membawa sajadah atau alas sujud lainnya secara mandiri. Apalagi ketika hendak salat di masjid dan mushola.Upaya tersebut sebagaimana yang dianjurkan oleh Dewan Masjid Indonesia. Tujuannya menghindari potensi penularan Virus Corona, kuman atau bakteri yang dapat merugikan tubuh saat melakukan salat, khususnya saat sujud.

Potensi penularan Virus Corona dari tempat sujud umat muslim saat salat di masjid dan musala bisa terjadi. Oleh karena itu, umat muslim harus selalu membawa perlengkapan salat secara mandiri dan tidak perlu khawatir. Untuk lebih meningkatkan kenyamanan dan keamanan saat beribadah di masjid atau musala, petugas dewan masjid bersama takmir masjid juga diimbau selalu melakukan sanitasi siaga dengan upaya, sebagai berikut:

1. Menjaga kebersihan lantai masjid/musala dengan cairan desinfektan.

2. Menjaga kebersihan karpet dan alas salat secara rutin/konstan menggunakan vacum cleaner/alat pembersih lain sangat dianjurkan.

3. Meminta jamaah yang sedang batuk, demam dan mengalami gejala seperti flu agar beribadah di rumah hingga sembuh.

4. Menjaga kebersihan tempat wudhu dan toilet dengan cairan desinfektan.

5. Ikut mengawasi penyebaran/penularan virus COVID-19 dan tanggap dengan melaporkan apabila ada masyarakat yang dicurigai terdampak di lingkungan masjid/musala .

FB : https://www.facebook.com/promkesbatam