Kota Batam Raih Penghargaan Kota Sehat

Kota Batam Kepulauan Riau memperoleh predikat Kota Sehat level Padapa dari Kementerian Dalam Negeri. Penghargaan itu diserahkan secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri di Jakarta, Selasa (19/11) dan diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam dr. Didi Kusmarjadi, Sp.OG menjelaskan bahwa untuk level Padapa ini hanya dua tatanan, kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum dan tatanan ke tujuh, kehidupan sosial yang sehat.

Dalam penilaian tersebut, tim mengunjungi sejumlah pemukiman di Batam, antara lain Kaveling Mangsang dan Puri Agung IV untuk kegiatan permukiman sehat.

Untuk tatanan sarana dan prasarana, tim menilai SMPN 26 sebagai Sekolah Adiwiyata dan Sekolah Sehat, Puskesmas Tiban Baru untuk fasilitas pelayahan kesehatan sehat, kampung anti narkoba Kibing, kampung toga Kaveling Sambau, dan bank sampah Allium Sei Langkai.

Selain itu, tim juga menilai inovasi yang dilakukan di daerah

“Inovasi yang masyarakat sudah lakukan, banyak. Misal Gerakan Jamilah, jangan lupa memilah sampah. Ada juga Tumama, satu rumah lima toga. Kemudian Sikancil, kader kesehatan cilik,”

Kota sehat kota Batam dimulai dari tahun 2017 dengan di bentuk nya tim pembina kota sehat yang anggotanya terdiri dari semua opd di kota Batam yang dituangkan dalam SK walikota dilanjutkan dengan dibentuknya forum kota sehat kota Batam yang anggotanya terdiri dari  organisasi wanita, PKK pemerhati lingkungan, LSM lingkungan, akademisi, aktivis sosial, tokoh masyarakat dan lain lain